Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan

Prodi PG-PAUD

previous arrow
next arrow
Slider

Akreditasi : (2401/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016)

1. SEJARAH BERDIRINYA PG-PAUD UMP

Dalam data statistik di Negara RI, Pusat Statistik Pendidikan tahun 2011 menyebutkan bahwa guru TK di Indonesia berjumlah 138.704 orang. Dari jumlah tersebut hanya 27,1% guru TK yang sudah berkualifikasi D-IV dan sarjana, sedangkan 65,49% masih berkualifikasi pendidikan SPG-TK (32,43%) dan SLTA non SPG sebesar 33,06%. (Balitbangdiknas, 2005). Dari segi jumlah atau kuantitas, jumlah guru TK masih sangat kurang sehingga anak usia dini berjumlah 27 juta anak usia dini baru 27% yang menikmati pelayanan pendidikan Anak Usia Dini secara formal. Melihat dan merespons data dari Pusat Statistik Pendidikan dan Balitbang Diknas 2011, FKIP UMP sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keguruan, merencanakan berpartispasi sesuai Program Bapenas memperluas akses PAUD dengan cara membantu para guru atau pendidik PAUD untuk meningkatkan kemampuan dan kualifikasinya melalui program S-1 PG-PAUD.

2. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN PG-PAUD UMP

Visi Program Studi S-1 PG-PAUD

Tahun 2025, unggul dalam pengabdian kepada masyarakat melalui penelitian, pendidikan dan layanan pembelajaran calon guru PAUD yang berwawasan islami.

Misi Program Studi S-1 PG-PAUD

Program studi PG PAUD FKIP Universitas Muhammadiyah Palu mempunyai misi, sebagai berikut :

  1. Mengembangkan profesionalisme tenaga pengajar dalam inovasi dan kreativitas di bidang pendidikan dan pengajaran PAUD;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan;
  3. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing; dan
  4. Memperkuat implementasi jaringan kerjasama dan kemitraan dengan stakeholders.

Tujuan Program Studi S-1 PG-PAUD

  1. Meningkatkan profesionalisme tenaga pengajar dalam inovasi dan kreativitas di bidang pendidikan dan pengajaran PAUD;
  2. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara berkesinambungan;
  3. Menghasilkan lulusan yang profesional dan berdaya saing; dan
  4. Menghasilkan sejumlah implementasi jaringan kerjasama dan kemitraan dengan stakeholders.

Sasaran PG-PAUD UMP

Sasaran program studi PG- PAUD adalah meluluskan tenaga kependidikan S1 PG – PAUD yang memiliki kompetensi Utama profesi dengan rata-rata masa studi 4 Tahun dan IPK rata-rat di atas 3. Kompetensi yang di rumuskan di sini mengarah pada  pengembangan :

1. Kompetensi Profesional.

a.Mengenal peserta didik secara mendalam meliputi   :Perkembangan fisik, Perkembangan kognitif,   Perkembangan bahasa, Perkembangan emosional, Perkembangan sosial

b.Mampu menyelenggarakan permainan yang memicu perkembangan peserta didik

c.Mampu dan memiliki kebiasaan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.

      2. Kompetensi Pedagogik.

a.Menguasai teori perkembangan anak, meliputi fisik dan psikologis

b.Mampu menyelenggarakan PG-PAUD inklusif, yang meliputi : Inklusivitas.

c.Mampu menyelenggarakan PG-PAUD pada pendidikan  formal, nonformal, dan informal.

3. Kompetensi Kepribadian

a.Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

b.Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.

c.Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat.

d.Menampilkan kinerja berkualitas tinggi.

      4. Kompetensi Sosial

a.Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat bekerja.

b.Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi PG-PAUD.

c.Mengimplementasikan kolaborasi antar profesi.

 

 

3. STRUKTUR  S1 PG – PAUD UMP

KETERANGAN :

a. Program Studi : PG- PAUD

b. Klinik konsultasi : klinik konsultasi yang dimiliki oleh PG-PAUD melayani kepentingan umum dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat akan pemahaman perkembangan dan permasalahan AUD, utamanya untuk memfasilitasi pendampingan parenting (Pengasuhan) dan keluarga demi tercapainya perkembangan anak secara optimal baik dalam aspek kognitif, emosi,bahasa , sosioal dan moral.

c. Laboratorium PAUD : laboratorium PAUD digunakan sebagai fasilitas penunjang kegiatan belajar mahasiswa yang berkaitan dengan penataan lingkungan belajar, media pembelajaran berupa alat peraga dan alat permainan edukatif dan digunakan juga untuk praktek pembelajaran anak usia dini serta praktek penanganan terapi untuk anak berkebutuhan khusus.

d. Himpunan mahasiswa Program Studi : Tujuannya mengembangkan kemampuan dan meningkatkan kreativitas berdasarkan  keahlian yang di miliki mahasiswa agar tercapai kemajuan  Program studi PG PAUD.

e. Kelompok Dosen :

    1. Ketua Progdi : Drs. Abdul Munir, M.si

    2. Dosen Pengampu           

* Dr. Gatot Margono, MM

* Nahrudin, S.Pd,. M.A

* Drs. Husen Tolleng, M.Pd

* Asriani, S. Ag.,M.Pd

* Nurhaedah, S.Pd, M.Pd

* Abdul Salam, S.Pd.I., M.H

* Syamsidar, S.Pd.I., M.Pd.I

* Erni Darmasusanti, S.Pd, M.Pd.

4. STRUKTUR HMP PAUD UMP

5. KURIKULUM  PG-PAUD UMP

Kurikulum S1 PG – PAUD disusun sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa sehingga memiliki kompetensi yang diperlukan dalam menyelenggarakan Pendidikan Anak Usia Dini. Kurikulum yang disusun mengacu kepada serangkaian standar kompetensi akademik yang diuraikan pada uraian di bawah ini. Standar Kompetensi Lulusan S1 PG-PAUD

1.  Mengenal peserta didik secara mendalam meliputi :

* Perkembangan fisik

* Perkembangan kognitif

* Perkembangan bahasa

* Perkembangan emosional

* Perkembangan sosial

2.  Menguasai teori perkembangan anak, meliputi fisik dan psikologis

3.  Mampu menyelenggarakan permainan yang memicu perkembangan peserta didik, yang mencakup hal – hal sebagai berikut .

a.  Menguasai konsep dasar pendidikan anak usia dini dan dasar – dasar ilmu terkait

b.  Merancang permainan yang memicu perkembangan fisik, kognitif, bahasa, emosional dan sosial yang mengedepankan kebebasan memilih, kreativitas serta pertumbuhan karakter

c.  Mampu menemukan dan membuat berbagai sarana permainan yang sederhana dan/atau mudah diperoleh dari lingkungan sekitar, namun berpotensi berdampak mendidik

d.  Mengimplementasikan permainan yang memicu perkembangan fisik, kognitif, bahasa, emosional dan sosial yang mengedepankan kebebasan memilih, kreativitas serta pertumbuhan karakter

e.  Mampu melakukan asesmen perkembangan peserta didik yang mencakup aspek fisik, kognitif, bahasa, emosional dan sosial, termasuk perkembangan kepribadian

f.  Mampu menggunakan hasil asesmen terhadap perkembangan peserta didik, untuk meningkatkan kualitas berbagai aktivitas pengembangan secara berkelanjutan.

4.  Mampu menyelenggarakan pendidikan anak usia dini inklusif, yang meliputi :

a. Inklusivitas dalam bidang budaya

b. Inklusivitas dalam bidang kecakapan fisik dan psikologis

5.  Mampu menyelenggarakan pendidikan anak usia dini pada pendidikan formal, nonformal, dan informal 

6.  Mampu dan memiliki kebiasaan mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan yang meliputi :

a. Mampu melakukan refleksi terhadap kinerjanya dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik

b. Mampu berbagi pengalaman dengan sesama pendidik PAUD, baik secara informal maupun melalui berbagai acara temu karya

c. Mampu memperluas wawasan melalui penjelajahan berbagai sumber informasi yang relevan termasuk dengan menggunakan TIK

7.  Mampu memanfaatkan informasi dan komunikasi (TIK) dalam penyelenggaraan kegiatan bermain sambil belajar

8.  Mampu melakukan penelitian tindakan kelas.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran akan diselenggarakan dengan memperhatikan beberapa kekhasan yang dikembangkan sebagai berikut :

1. Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan konsep belajar belajar berpengalaman dan case learning. Dengan pendekatan pembelajaran ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman melalui praktik – praktik yang up to date.

2. Media Pembelajaran

Pembelajaran akan diselenggarakan menggunakan media pembelajaran yang berorientasi pada praktik. Dengan demikian mahasiswa dapat langsung mengalami dan belajar dari pengalaman. Penggunaan teknologi informasi sebagai media pembelajaran akan merangsang mahasiswa untuk menguasai teknologi informasi.

3. Pengalaman Lapangan Persekolahan (PLP)

Program pengalaman lapangan menjadi kunci bagi peningkatan dan pengembangan kompetensi mahasiswa, sehingga setelah lulus, mahasiswa dapat memiliki kompetensi yang siap pakai. Program Pengalaman Lapangan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu PLP I (day care), PLP II Tahap I (Kelompok Bermain), PLP II Tahap II (Taman Kanak – Kanak), dengan pilihan  konsentrasi – PAUD.

Untuk dapat menyelesaikan pendidikan di Program Studi S1 PG – PUD FKIP UMP, setiap mahasiswa berkewajiban untuk menempuh sebanyak 62 mata kuliah dengan jumlah SKS minimal sebanyak 144 SKS dan 8 SKS mata kuliah Peminatan Mahasiswa dapat menyelesaikan studi dengan masa studi normal selama 4 tahun atau 8 semester. Mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa dibagi menjadi :

1. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian 20 SKS

2. Mata Kuliah Keterampilan 45 SKS

3. Mata Kuliah Keahlian 65 SKS

4. Mata Kuliah Konsentrasi 14 SKS

5. Mata Kuliah Pilihan 8 SKS

Jumlah : 152 SKS


STRUKTUR KURIKULUM S1 PENDIDIKAN GURU PAUD

 

© 2018: FKIP Unismuh Palu | Easy Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress